Menuju Pekerjaan Sosial yang Mensejahterakan - KATALOGBUKUONLINE
Headlines News :

Entertainment

Home » » Menuju Pekerjaan Sosial yang Mensejahterakan

Menuju Pekerjaan Sosial yang Mensejahterakan

Written By Pustakawan KBO on Sabtu, 20 Maret 2010 | Sabtu, Maret 20, 2010


Judul Buku: Pekerjaan Sosial & Kesejahteraan Sosial;
Sebuah Pengantar
Penulis: Miftachul Huda
Penerbit: Pustaka Pelajar, Yogyakarta
Cetakan: Pertama, 2009
Tebal: xxii + 332 halaman
Peresensi : Supriyadi*)

Manusia dalam kancah sosial adalah sebagai makhluk sosial. Kepentingan hidup manusia dalam tataran sosial adalah menuju kepada taraf hidup yang sejahtera. Kesejahteraan menjadi harga mati karena pada dasarnya manusia itu hidup di dunia ini menginginkan terpenuhinya segala sesuatu yang menjadikan hidupnya terasa nyaman dan sejahtera. Karena manusia adalah makhluk sosial, tentunya ia tidak mungkin mampu hidup secara individu. Manusia membutuhkan sesama yang lain untuk meyelesaikan masalah-masalah sosial yang dihadapi.

Miftachul Huda dalam bukunya yang berjudul “Pekerjaan Sosial & Kesejahteraan Sosial; Sebuah Pengantar” mengantar para pembacanya untuk memahami pekerjaan sosial dan kesejahteraan sosial secara definitif. Pekerjaan adalah sarana bagi manusia untuk mendapatkan kesejahteraan. Seseorang yang menginginkan kesejahteraan hidup, maka berusaha dengan upaya sosial-sosialnya. Dalam konteks tersebut, jelaslah manusia itu mempunyai tujuan hidup sejahtera.
Dalam definisinya, pekerjaan sosial (social work) menjadi sebuah disiplin ilmu tersendiri. Pekerjaan sosial adalah sebuah disiplin ilmu yang berkepentigan untuk menyelesaikan masalah-masalah sosial yang dihadapi oleh umat manusia. Dalam ranah sosial, pekerjaan sosial bukanlah suatu pekerjaan yang bersifat secara suka rela, melainkan secara profesional.

Banyak kalangan yang masih awam tentang pekerjaan sosial sebagai disiplin ilmu karena kurang tegasnya dalam penamaannya. Selain itu, pekerja sosial (social worker) sebagai subyek (dalam arti sosial) dipandang identik dengan kegiatan sekarela dan tidak professional. Padahal, pekerja sosial itu tidak demikian, justru pekerjaan sosial bersifat professional. Karena seorang pekerja sosial harus mempunyai cukup bekal pengetahuan (knowledge), keahian (skill), dan nilai (value). Contoh konkret dari pekerjaan sosial adalah profesi guru (dalam pendidikan), dokter (dalam kedokteran/kesehatan), dan lain sebagianya. Baik guru ataupun dokter harus mempunyai bekal pengetahuan, keahlian, dan nilai. Guru atau dokter pun menempuh jalan yang panjang untuk bisa menjadi pekerja sosial. Oleh karena itu, profesi guru dan dokter termasuk dalam lingkup pekerjaan sosial.

Pekerjaan sosial sebagai disiplin ilmu memang lahir bukan dari rahim Indonesia, melainkan dari rahim Barat. Akan tetapi bukan berarti pekerjaan sosial tidak relevan jika diaplikasikan di Indonesia sebagai sebuah disiplin ilmu. Justru pekerjaan sosial sangat tepat dan relevan jika diaplikasikan di Indonesia, karena Indonesia adalah sebuah bangsa dan negara berkembang yang kini bisa dikatakan “terpuruk” dalam krisis, tentunya membutuhkan kajian-kajian solutif untuk menuju perbaikan, yakni kesejahteraan.

Sementara kesejahteraan sosial (social welfare) menurut James Midgley (1997:5) yaitu suatu kondisi yang mana terpenuhinya tiga syarat utama, yakni ; ketika masalah sosial dapat dikelola dengan baik, ketika kebutuhan terpenuhi, dan ketika peluang-peluang sosial terbuka secara maksimal. Dalam konteks Indonesia sendiri, kesejahteraan sosial dapat dimaknai terpenuhinya kebutuhan seseorang, kelompok, atau masyarakat dalam hal material, spiritual maupun sosial (hal. 73)
Melihat pada realita Indonesia yang ada sekarang, pantaskah masyarakat di Indonesia disebut masyarakat yang sejahtera sementara tingkat kemiskinan masih “tinggi”? Hal itu mengingatkan kepada publik bahwa kesejahteraan menjadi tujuan yang sulit tercapai. Tidak dapat dipungkiri bahwa di balik tingkat kemiskinan yang masih “tinggi” itu, ada sebagian kelompok (elit) yang berhura-hura dengan kesejahteraannya tanpa mempedulikan golongan dengan taraf kesejahteraan hidupnya masih di angan-angan. Kontradiksi semacam itu menjadi keresahan menurut kacamata keadilan yang mana hal itu melunturkan nilai-nilai kepedulian sosial.
Antara pekerjaan sosial dan kesejahteraan sosial mempunyai titik temu pada ranah sosialnya, yaitu aplikasinya pada mayarakat. Pekerjaan sosial merupakan penyelesai dan solusi dari permasalahan-permasalahan sosial yang dihadapi oleh umat manusia, sementara kesejahteraan sosial menjadi tujuan hidup umat manusia. Secara runtut, pekerjaan sosial menjadi sarana untuk mensejahterakan umat manusia.

Berangkat dari hal itu, jelaslah bahwa pekerjaan sosial dan kesejahteraan sosial adalah dua istilah yang berbeda. Kesejahteraan sosial lebih luas dari pada pekerjaan sosial karena kesejahteraan sosial meliputi bidang-bidang pekerjaan sosial. Segala profesi dari pekerjaan sosial mempunyai tujuan yang sama, yakni megupayakan kesejahteraan sosial. Dalam hal ini, kesejahteraan masyarakat menjadi core (inti) dari segala profesi yang ada. Karena itulah kesejahteraan sosial memiliki cakupan yang sangat luas tidak hanya terkait dengan ilmu pekerjaan sosial saja tetapi juga termasuk bidang pekerjaan lain yang berurusan dengan masyarakat (hal. 82)
Melalui buku yang berjudul “Pekerjaan Sosial & Kesejahteraan Sosial; Sebuah Pengantar”, penulis mengajak para pembaca untuk menyelami realita pekerjaan sosial dan kesejahteraan sosial sebagai disiplin ilmu dan aplikasinya pada masyarakat. Dengan penggunaan bahasa yang mudah untuk dipahami, buku ini sesuai untuk dijadikan referensi bagi siapa saja yang mempunyai kepedulian sosial. Karena pada dasarnya, kepedulian sosial menjadi pijakan awal untuk menuju pekerjaan sosial yang mensejahterakan.

*) Peresensi adalah Pustakawan yang Aktif pada Kelompok Diskusi Granat (GDC), Yogyakarta.





Baca Online Google Books
Request Download Pratinjau Google Books
Silakan klik untuk membaca secara online atau mendownload file pratinjau terbatas buku ini dari Google Books.


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. KATALOGBUKUONLINE - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template